Sabtu, 27 Juni 2009

MENGEMBALIKAN PERINTAH DOS YANG HILANG PADA WINDOWS

Kasus hilangnya beberapa perintah DOS setelah instalasi suatu aplikasi yang melibatkan modifikasi environment variables seringkali terjadi. Biasanya user akan menerima pesan Error bahwa perintah yang diketikkan pada CMD tidak dikenali, padahal perintah tersebut merupakan perintah DOS yang valid. Contohnya ketika saya mencoba perintah PING, keluar pesan ERROR sebagai berikut:





Perintah-perintah DOS tersebut hanya bisa dijalankan apabila user berada pada lokasi file yang sedang dipanggil, yaitu %SystemRoot%\System32\. Jika Anda mengalami permasalahan serupa, klik kanan pada MyComputer (Windows XP) atau Computer (Windows Vista), pilih menu [Properties] kemudian klik [Environment Variables...]




Pada window Environment Variables yang muncul, cari Variable dengan nama "PATH", klik, kemudian pilih [EDIT]. Tambahkan baris berikut ini padaVariable Value:

%SystemRoot%\system32;%SystemRoot%;%SystemRoot%\System32\Wbem;



Klik [OK] pada semua jendela yang ada. Kini coba jalankan perintah-perintah CMD. Jika berhasil, maka perintah-perintah tersebut bisa Anda jalankan dari lokasi manapun. Jika gagal, coba restart terlebih dahulu komputer Anda. Jika pesan Error masih muncul, maka kemungkinan aplikasi yang Anda panggil telah terhapus. Salin saja dari komputer lain dengan OS Windows dyang memiliki Versi yang sama dengan Windows Anda.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat >'_'<


0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger