Kamis, 30 Oktober 2008

Riwayat Singkat Bupati Sukapura III

Riwayat Singkat Bupati Sukapura III (ketiga) (tahun 1674-1723)

Karena putera Bupati ke II masih kecil belum ada yang dewasa, sebagai pengganti adalah adiknya yang bernama Rd. Anggadipa. Rd. Anggadipa merupakan putera ke-4 dari bupati ke-I (Rd. Wirawangsa).
Pada waktu pelantikan menjadi bupati, Rd. Anggadipa berganti nama menjadi Rd. Tumenggung Wiradadaha ke-III. sejak kecil beliau banyak tolibul ilmi di panembahan Waliyulloh Sekh H. Abdul Muhyi Pamijahan. Sehingga pada waktu itu isi masyarakat Tatar Sukapura dibina melaui syari'at ajaran agama islam.
Jalannya pemerintahan bupati ke-III ini mendapat dukungan dari ke-4 puteranya. Sehingga pada waktu itu pemerintahan diresmikan adanya 4 patih yang mempunyai tugas masing-masing antara lain:
1. Patih pertama (dalem Yudha negara) karena kegagahan dan keberaniannya, beliau mempunyai tugas menjaga keamanan dan ketertiban rakyatnya (sebagai panglima angkatan perang). Makamnya berada di komplek Pamijahan.
2. Patih kedua (Rd. Anggadipa ke-II) terkenal dengan julukan Dalem Abdul. Beliau mempunyai tugas sebagai menteri Pertanian sewaktu masih hidup. Beliau banyak membuka lahan persawahan tegalan yang bermanfaat, serta membuat saluran irigasi yang manfaatnya dirasakan sampai saat sekarang, yaitu irigasi Ciramajaya dan irigasi Ciganjing sertai irigasi lainnya. Patih kedua ini trekenal patih yang dermawan dan mewakafkan harta bendanya kepada para keturunannya yang menjadi Bupati Sukapura. Makamnya di komplek Baganjing Sukaraja.
3. Patih ketiga (Rd. Somanagara) beliau mepunyai tugas dan kewajiban mengatur Administrasi Pemerintahan. Makamnya berada di Desa Cikuya, Kemantren Culamega.
4. Patih ke empat (Rd. Indrataruna) beliau mempunyai tugas da kewajiban mengatur keuangan pemerintahan dan dikebumikan di Leuwi Leungsir Desa Sukakerta Salopa.

Bupati ke-III wafat tahun 1723, terkenal sebagai seorang bupati dermawan dan sering disebut Dalem sawidak, karena mempunyai putera 63 orang. 1 orang dirahasiakan. Beliau dimakamkan di baganjing Sukaraja.

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger