Rabu, 29 Oktober 2008

Sekilas Berdirinya Kabupaten Sukapura atau Tasikmalaya

Hari berganti Hari, tahun berganti tahun, bermunculan pula generasi- generasi pengganti sebagai penerus perjuangan pembangunan dan pemerintahan di Kabupaten Tasikmalaya yang kita cintai ini. Dengan adanya pergantian ini, mungkin belum ada yang mengetahui tentang sejarah pertamakali berdirinya kabupaten Sukapura dahulu dan Tasikmalaya sekarang.
Pada kesempatan ini saya akan mencoba menguraikan sejarah singkat pertama kali berdirinya Kabupaten Sukapura sampai menjadi Kabupaten Tasikmalaya. Namun sebelumnya khusus kepada Arwah para Bupati dan Leluhur Sukapura yang pusaranya berada di hadapan kita serta yang lainnya, saya secara pribadi mohon ijin untuk menguraikan riwayat singkat Pemimpin Sukapura ini dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan ataupun kekurangan. Demikian pula kepada hadirin bukan kami "agul ku payung butut"(bahasa sunda). Namun, hanya sejarah inilah yang menjadi saksi dan yang dapat kami sampaikan.
Sejarah yang akan kami uraikan disini adalah sejarah para Bupati Sukapura dan pertama lahirnya nama Kabupaten Sukapura atau pertamakali adanya pemerintahan Kebupatian. Riwayat singkat yang kami uraikan disini adalah diambil dari kenyataan yang ada, baik berupa tulisan maupun benda- benda peninggalan leluhur Sukapura yang sampai saat ini menjadi pegangan dan tanggung jawab kami selaku generasi penerusnya.

SEKILAS BERDIRINYA KABUPATEN SUKAPURA

Kabupaten Sukapura berdiri dan di resmikan setelah selesai perang Dipati Ukur yang tertuang dalam Piagam Sultan Mataram, tepatnya tanggal 26 Juli 1632. Yang menjadi Bupati pertama pada waktu itu adalah Rd. WIRAWANGSA. Setelah menjadi bupati beliau namanya diganti menjadi Rd. Tumenggung WIRADADAHA ke I. Nama tersebut bukan sembarang nama. Nama tersebut menggandung arti:
Wira adalah Prajurit
Dadaha adalah Penuh keberanian
Pertama beliau diangkat menjadi Bupati, pusat pemerintahan bertempat di Sukakerta, tepatnya di Leuwi Loa (Belakang Kecamatan Sukaraja Sekarang). Dan diberi nama Sukapura. Sukapura mengandung arti:
Soka adalah tiang
Pura adalah Negara

Pertama kali wilayah Kabupaten Sukapura seluruhnya terdiri dari 15 Cutak (kecamatan sekarang),antara lain:
-wilayah Cijulang, Cigugur, Kalapa genep, Panembong, Panempek, dan Malangbong. Jumlah desanya terdiri dai 300 Desa dengan jumlah penduduk kurang lebih 890 Kepala Keluarga(+- 3560 jiwa.)
Bupati Sukapura pertama wafat tahun 1674 dan berputera 28 orang.

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger