Kamis, 13 November 2008

Duet Seagate-McAfee, Atasi Notebook Hilang

Duet Seagate-McAfee, Atasi Notebook Hilang

Selasa, 11 November 2008 | 16:21 WIB
dari: infokomputer.com




Seagate dan McAfee bekerja sama meluncurkan notebook harddisk Momentus FDE (Full-Disk Encryption). Fitur ini berguna melindungi data-data harddisk bila terjadi pencurian notebook. Momentus FDE sudah menggunakan kecepatan 5400 dan 7200RPM. Untuk kapasitas, saat ini tersedia 320GB, namun pihak pengembang berencana akan meningkatkan hingga 500GB.

Perancangan teknologi FDE mulai dilakukan sejak adanya informasi pencurian notebook setiap 53 detik sekali dari survei FBI (badan inteligen Amerika) tahun 2007. Selain survei, terdapat juga laporan yang menyebutkan pencurian laptop yang berisi informasi kesehatan 100.000 pasien rumah sakit. Menyusul laporan kejadian pencurian laptop yang sering terjadi di parkir mobil.

Untuk cara pengoperasian notebook yang menggunakan Momentus FDE, pengguna cukup melakukan penginstallan, memasukkan password BIOS, kemudian login ke dalam OS seperti biasanya. Selanjutnya data-data penting Anda akan terlindungi oleh enkripsi sesuai standarisasi kriptografi, seperti Advanced Encryption Standard (AES).

Untuk penggunaan pada notebook, sudah ada vendor khusus yang mencoba kehebatan self encrypting, yakni notebook Dell dengan kapasitas HDD 160GB. (alv)

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger