Kamis, 13 November 2008

Segera! Transisi CRT menuju LCD

Segera! Transisi CRT menuju LCD

Senin, 10 November 2008 | 09:26 WIB
dari:infokomputercom



Beberapa vendor monitor telah berencana untuk menghentikan produksi si gemuk, CRT di tahun 2009. Namun rupanya, rencana itu berdampak cukup besar pada pasar selama tahun 2008 ini. Nampak sekali efek dari akselerasi yang dilakukan oleh vendor-vendor untuk segera menggeser CRT. Importasi besar-besaran di triwulan pertama 2008 ternyata membuat pasar banjir dengan produk monitor ini.

Alhasil pasar mengalami kejenuhan dan vendor mesti bekerja ekstra untuk memacu pasar menyerap produk yang ada. Tentunya dengan promosi melalui channel dan untuk para end-user. "Akibat pasar yang mengalami kejenuhan, vendor-vendor tidak bisa lagi melakukan strategi push ke pasar. IDC mencatat penurunan sekitar 10% dalam unit shipment di kuartal kedua 2008. Dari jumlah itu, LCD mengalami penurunan sebanyak 6%," demikian penjelasan Tony Hendrawan, Market Analyst IDC.

Kejenuhan juga dirasakan oleh pasar PC rakitan (whitebox) yang juga mengalami penurunan sehingga tidak mampu mendongkrak permintaan pasar. "Pasar non-bundled monitor turun 14% akibat menurunnya permintaan untuk whitebox di kuartal kedua ini. Sementara untuk pasar bundled justru sedikit mangalami peningkatan, yaitu sebesar 7%, dengan adanya permintaan dari beberapa industri sektor riil. Dari total besar pasar, monitor non-bundled masih mendominasi pasar dengan 74% pangsa," imbuh Tony.

Porsi monitor LCD kini sudah mencapai 64% dari total shipments di Q2 2008, atau naik sebesar 2% dari kuartal sebelumnya. Dari jumlah tersebut, model 17" masih menjadi mainstream di pasar, terutama dengan strategi push beberapa vendor untuk model widescreen-nya. Pangsa monitor 17" saat ini adalah sebesar 50% dari total monitor LCD.

Peningkatan signifikan justru terjadi untuk model 16" widescreen yang baru diperkenalkan di awal tahun 2008. Saat ini porsi pasarnya sudah mencapai 16% dari angka shipments keseluruhan di Q2 2008. Diprediksi model ini akan menjadi tren baru bagi penggunaan monitor LCD. (ipm)
1 Komentar
Halaman 1
Ivo Tilman | 2008-11-11 10:05:50
Selamat!buat para vendor yang meluncurkan Monitor LCD utk mengantikan monitor CRT karena sangat menguntungkan computer user di banyak sisi karena teknologi yang diadopsi oleh CRT sudah cukup usang disamping banyak menyerap energi listrik dalam pengunaannya, juga potensi radiasi bagi penguna komputer beserta ruang yang dibutuhkan cukup merepotkan dibandingkan dengan LCD yang sangat efisien dalam aplikasinya!

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger