Senin, 17 November 2008

Samsung SGH-i780

Samsung SGH-i780
dari: infokomputer.com
tanggal: 18 NOvember 2008 | 12:59 WIB



SGH-i780 masih mengikuti desain smartphone seperti SGH-i600 sehingga memberi kesan hanya mengandalkan tombol-tombol untuk pengoperasiannya. Ini menyesatkan, sebab sesungguhnya SGH-i780 menyediakan layar sentuh. Stylus tersimpan di pojok kiri atas bodi. Meski tak spesifik ditujukan untuk pengguna kidal, posisi stylus yang demikian akan terasa lebih nyaman bagi mereka.

Kemudian, perhatikan navigasi tengah. Itu bukan tombol navigasi biasa, melainkan touch pad; Samsung menyebutnya optical mouse. Kita tinggal "gesek" permukaannya untuk memindahkan kursor, lalu "pencet" untuk mengaktifkan pilihan. Ngomong-ngomong, tombol ini tetap dapat berfungsi sebagai pintasan aplikasi seperti navigasi 4-arah yang biasa kita temukan di ponsel. Yang belum biasa memakai peranti ber-Windows Mobile mungkin akan salah duga dengan fungsi tombol OK yang ada di kanan touch pad. Ini fungsinya untuk keluar dari aplikasi; bukan untuk mengaktifkan suatu aplikasi. Untuk membuka Start, kita tinggal pencet tombol berlogo Windows di kiri touch pad.

Seperti halnya i600, sejumlah tombol pintasan ditempatkan di deret paling bawah keyboard. Lihat saja tombol bergambar amplop (untuk membuka Messaging) dan pemancar (untuk membuka GPS) di kanan tombol spasi. Tombol spasi itu sendiri ketambahan fungsi Vibrate mode. Sedangkan memencet-tahan tombol End Call akan mengunci keypad.

Kamera utama tak disertai apa pun. Yang ada di dekatnya justru speaker tambahan. Tombol kamera pun mudah diakses. Setting yang disediakan untuk foto maupun video cukup lengkap. Yang menarik, setting tersebut bisa kita akses dengan mengetuk icon yang berderet di sisi atas layar. Perpindahan antara Camera dan Camcorder dimudahkan dengan pintasan di icon tadi. Foto bisa diambil dengan ukuran maksimal 1600x1200 pixel. Video bisa diambil dengan ukuran maksimal 320x240 pixel, dan durasinya tergantung kapasitas tersedia.

Di sisi sistem operasi, i780 telah melangkah lebih maju dengan memakai Windows Mobile 6 Professional. Layar utama terasa beda dengan hadirnya 4 tab bertajuk Connection, Favorites, Contacts dan Settings. Secara default, Live Search ditempatkan di bawah tab tadi. Sejumlah kemudahan pun bisa kita temukan di sini, seperti adanya setting Wake Up Button, Encryption, Enhanced GPS, External GPS, Finger Mouse, Hard Reset, Operator Settings, Data Call Manager, GPRS Authentication, HSDPA, dan USB Connection.

***

Konektivitas lengkapnya sangat mendukung gaya bekerja mobile para pebisnis. Apalagi di sini sudah dimasukkan OneNote Mobile. Namun dengan prosesor yang ada agaknya kita masih harus memastikan tak terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. (Septyarini)


Plus : Konektivitas lengkap
Minus : Tanpa GPS

Spesifikasi Samsung SGH-i780

Jaringan : GSM 900/1800/1900/2100 MHz
Layar : 2.5 inci, TFT, 320x320 pixel, 262 ribu warna
Sistem operasi : Windows Mobile 6.0
Prosesor : ARM920T PXA311
Memori : RAM 128MB, ROM 256MB
Memori tambahan : MicroSD
Dimensi : 116x62x15 mm
Bobot : 122 gram
Batere : Li-Ion 3.7V 1000mAh
Waktu siaga : rata-rata 3 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Konektivitas antar peranti : Kabel data, Bluetooth 2.0 + EDR, WiFi
Konektivitas internet : EDGE Class 10, HSDPA; WAP 2.0
Kamera : 2.0MP
Aplikasi : Wake Up Button, Encryption, Enhanced GPS, External
GPS,Finger Mouse, Hard Reset, Operator Settings, Data
Call Manager, GPRS Authentication, HSDPA, USB
Connection, USB to PC, WiFi, Wireless Manager, Alarms,
Bluetooth FTP, Internet Sharing, Java (MIDP 2.0),
Layanan Data, Media Album, Messenger, Mini Player,
Opera Browser, Photo Slides,
Podcasts, RSS Reader, Smart Converter, dan Video
Player, Windows Live, Windows Media.
Isi paket : Charger, headset, manual
Situs Web : www.samsung.com
Harga kisaran : Rp.5.500.000,-

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger